Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pusat Prestasi Nasional Luncurkan Dasbor Prestasi Talenta dan Siniar Talenta Berpestasi bagi Peserta Didik | Kemdikbudristek

Pusat Prestasi Nasional Luncurkan Dasbor Prestasi Talenta dan Siniar Talenta Berpestasi bagi Peserta Didik | Kemdikbudristek

Sumber gambar: SS pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id


InfoDidaktik.Com - Halo, Sahabat Didaktik! Selamat datang kembali di blog sederhana InfoDidaktik.Com, media informasi pendidikan terbaru.

Kali ini, InfoDidaktik.Com akan berbagi informasi tentang peluncuran Dasbor Prestasi Talenta dan Siniar Talenta Berpestasi bagi Peserta Didik Pusat Prestasi Nasional Kemdikbudristek.

Sebelumnya, perlu disampaikan bahwa tujuan blog InfoDidaktik.Com membagikan informasi ini adalah agar informasi tentang peluncuran Dasbor Prestasi Talenta dan Siniar Talenta Berpestasi bagi Peserta Didik Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemdikbudristek ini dapat tersebar lebih luas dan diketahui oleh sebanyak-banyaknya guru, peserta didik dan insan pendidikan di seluruh Indonesia.
Sumber gambar: SS pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id


Dilansir dari situs pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id, Pusat Prestasi Nasional Kemdikbudristek merilisn informasi tentang peluncuran Dasbor Prestasi Talenta dan Siniar Talenta Berpestasi bagi Peserta Didik. 

Dalam rilis tersebut disebutkan bahwa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) meluncurkan basis data digital Sistem Informasi Manajemen Talenta (SIMT) bertajuk Dasbor Prestasi Talenta, dan wadah bincang-bincang edukasi talenta, yaitu Siniar Talenta Berprestasi. Pelaksana Tugas Kepala Pusat Prestasi Nasional (Plt. Kapuspresnas), Asep Sukmayadi, menguraikan bahwa dasbor ini dibuat sebagai sistem informasi terpadu manajemen talenta.

Sumber gambar: SS pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id


Asep mengatakan (Rabu, 29/12) "Lewat dasbor ini, kita akan mengelola basis data persediaan talenta anak bangsa (talent pool) sekaligus meningkatkan keahlian, karier, dan prestasi para talenta. Kami juga ingin menciptakan lingkungan berprestasi yang kondusif bagi para talenta untuk mengembangkan potensinya”.  

Perlu diketahui bahwa peluncuran digelar pada acara Puncak Persembahan Prestasi Talenta Indonesia bertema “Prestasiku, Inspirasimu, untuk Negeriku” di Jakarta, Senin hingga Kamis, 27 hingga 30 Desember 2021.

Lebih lanjut Asep menguraikan bahwa dasbor Prestasi Talenta menyajikan peta talenta 34 provinsi di Indonesia serta profil prestasi para peserta didik. Dasbor ini mendukung analisis dan pemetaan prestasi nasional dan daerah. 

Kemudian Asep mengakui bahwa dasbor yang dapat diakses lewat tautan pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id ini merupakan tanggapan sigap Kemendikbudristek akan arus globalisasi yang begitu cepat serta disrupsi teknologi yang terus bergerak. 

Lalu Asep menambahkan bahwa Puspresnas terus berkomitmen menyingkap atau memberi exposure dan memperkenalkan para talenta terbaik negeri ini, sekaligus mendokumentasikan kehadiran talenta dalam suatu wadah basis data yang akan kita kelola untuk mengembangkan prestasi talenta sekaligus menginspirasi peserta didik lainnya.

Perlu diketahui bahwa aplikasi ini direncanakan akan terintegrasi dengan platform Digital CV Talenta dan Talent Pool Puspresnas. Dalam Dasbor Prestasi Talenta, terdapat menu Talenta Berpestasi, Satuan Pendidikan, Penerima Beasiswa, Satuan Pendidikan Penerima Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Prestasi, dan Capaian Internasional, sekaligus menu pemeringkatan provinsinya.

Lebih lanjut Asep menjelaskan bahwa Siniar (podcast) Talenta Berprestasi yang juga diluncurkan dalam kesempatan ini dibuat untuk meraih perhatian peserta didik. Program ini, kata Asep, menjadi tempat berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk menginspirasi dan meningkatkan prestasi peserta didik. Kemudian Asep berharap program ini juga dapat menjadi tempat berlatih mengasah kemampuan berpikir dan kreativitas.

Sumber gambar: kemdikbud.go.id

Selain itu, Asep juga berharap bahwa peserta didik lain juga dapat terinspirasi kawan-kawannya yang telah mengukir prestasi untuk terus bersemangat meraih cita-cita. Ia menyampaikan, bahwa sesuai arahan Mendikbudristek, peserta didik yang berprestasi dan semua proses pengembangannya harus menjadi inspirasi bagi peserta didik lainnya. 

Disebutkan lebih lanjut bahwa Manajemen Talenta Nasional merupakan salah satu amanat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024. Oleh karena itu, hal tersebut menjadi visi Puspresnas untuk terus mengelola dan mengenalkan potensi, bakat, dan talenta anak-anak Indonesia.

Semoga para peserta didik Indonesia semakin kreatif dan berprestasi. 

Demikianlah informasi tentang peluncuran Dasbor Prestasi Talenta dan Siniar Talenta Berpestasi bagi Peserta Didik Pusat Prestasi Nasional  Kemdikbudristek. 

Semoga bermanfaat.

Sumber: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/12/puspresnas-luncurkan-dasbor-prestasi-talenta-dan-siniar-talenta-berpestasi-bagi-peserta-didik

Post a Comment for "Pusat Prestasi Nasional Luncurkan Dasbor Prestasi Talenta dan Siniar Talenta Berpestasi bagi Peserta Didik | Kemdikbudristek"