Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Free Download! Buku Profil Guru Sekolah Dasar yang Perlu Guru SD Ketahui

Free Download! Buku Profil Guru Sekolah Dasar yang Perlu Guru SD Ketahui

Sumber gambar: gtkdikdas.kemdikbud.go.id


InfoDidaktik.Com - Halo, Sahabat Didaktik! Selamat datang kembali di blog sederhana InfoDidaktik.Com, media informasi pendidikan terbaru.

Kali ini, InfoDidaktik.Com akan berbagi informasi tentang Buku Profil Guru Sekolah Dasar yang diterbitkan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Sebelumnya, perlu disampaikan bahwa tujuan blog InfoDidaktik.Com membagikan informasi ini adalah agar informasi tentang Buku Profil Guru Sekolah Dasar ini dapat tersebar lebih luas dan diketahui oleh sebanyak-banyaknya guru dan insan pendidikan di seluruh Indonesia.

Dilansir dari situs gtkdikdas.kemdikbud.go.id, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (13/08/2021) merilis Buku Profil Guru Sekolah Dasar.

Sumber gambar: Cover Buku Profil Guru SD


Dalam rilis tersebut disebutkan bahwa Buku Profil Guru Sekolah Dasar ini berisi hasil kajian dari beberapa literatur tentang Profil Pendidikan Masa Depan, Profil Guru Masa Depan, Profil Siswa SD Masa Depan, dan Profil Guru SD Masa Depan dari sudut pandang filosofis dan teoritis. Selain itu, buku ini dikembangkan berdasarkan tinjauan beberapa hasil penelitian nasional dan internasional serta hasil jajak pendapat terhadap guru, orang tua, dan siswa SD tentang profil guru SD menurut mereka. 

Kemudian disebutkan bahwa profesi guru yang mulia memiliki perbedaan yang jelas dari profesi-profesi lainnya, sehingga masyarakat idealnya dapat membedakan karakteristik guru dengan karakteristik profesi lainnya. Karakteristik seorang guru tampak pada perilakunya dalam bekerja dan beraktivitas di lingkungan masyarakat yang menunjukkan profil guru sejatinya, termasuk guru SD. Profil guru SD harus dirumuskan dengan jelas sesuai dengan karakteristik siswa SD dan kebutuhan pendidikan pada jenjang SD di masa mendatang dengan tetap mempertahankan garis-garis budaya atau kultur nasional sebagai penciri guru Indonesia.

Lebih lanjut disebutkan bahwa profil guru SD sangat penting untuk dirumuskan agar perilaku guru SD serta proses pendidikan guru SD, baik formal maupun nonformal dapat disesuaikan dengan profil guru SD yang diharapkan.

TIM PENYUSUN

Tim penyusun Buku Profil Guru Sekolah Dasar ini adalah sebagai berikut.
  • Pengarah: Dr. Drs. Rachmadi  Widdiharto, M.A. 
  • Penanggung  Jawab: Dra. Palupi  Raraswati,  M.AP.
  • Koordinator Naskah: Dr. Cepi  Triatna,  M.Pd.
  • Tim Penulis: Dr. Sandi Budi Iriawan, S.T., M.Pd.;  Moh  Salimi,  M.Pd.; Dra.   Nita  Suherneti,  M.Si.; Triska   Fauziah   Resmiati, M.Pd.
  • Penelaah: Estin  Farida,  S.Si,  M.Pd.;  Firmansyah,  S.Pd.;  I  Gusti Lanang Gede Putra A.; Burhanuddin.S.Pd.I; Dr. Asep Sutisna  Sanjaya,  M.   Pd.;  Novi  Ariyanti,  S.Pd.;  Zefrin Hasan,  M.Pd.; Nenny  Febriany Abdul  Karim.  S.Pd.SD.; Barmince Urus. S.Pd.; Afrizal; Ahmad Zuhri; Danang Hidayatullah;  M.  Fahri;  Yanti  Sriyulianti.
  • Editor Naskah: Dra.   Palupi  Raraswati,  M.AP.;   Dr.   Meliyanti,  S.Kom.; M.Si.;   Dr.  Nita  Isaeni,  S.I.P.,  M.Pd.;  Ebah  Suhaebah, Sotya  Mayangwuri,  S.Psi., MS.Ed.
  • Sekretariat: Isti  Mariani  Sarida,  S.E., M.Pd.
  • Desain dan Tata Letak: Rohmi Nurwiyati, S.E.; Dekki  Zulkarnain, S.H.
Buku Profil Guru Sekolah Dasar selengkapnya dapat dibaca di bawah ini.


File Buku Profil Guru Sekolah Dasar ini dapat diunduh (download) DI SINI.

Demikianlah informasi tentang Buku Profil Guru Sekolah Dasar yang Perlu Guru SD Ketahui. 

Semoga bermanfaat.

Sumber: https://gtkdikdas.kemdikbud.go.id/read-news/profil-guru-sekolah-dasar

Post a Comment for "Free Download! Buku Profil Guru Sekolah Dasar yang Perlu Guru SD Ketahui"