Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dibuka! Pendaftaran Training Course EESD Seameo Qitep in Science Tahun 2022

Dibuka! Pendaftaran Training Course EESD Seameo Qitep in Science Tahun 2022

Sumber gambar: SS Seaqis


InfoDidaktik.Com - Halo, Sahabat Didaktik! Selamat datang kembali di blog sederhana InfoDidaktik.Com, media informasi pendidikan terbaru.

Kali ini, InfoDidaktik.Com akan berbagi informasi tentang Pendaftaran Regular Training Course EESD (Environmental Education for Sustainable Development) Seameo Qitep in Science Tahun 2022.

Perlu disampaikan bahwa tujuan blog InfoDidaktik.Com membagikan informasi ini adalah agar  informasi tentang Pendaftaran Regular Training Course EESD (Environmental Education for Sustainable Development) Seameo Qitep in Science Tahun 2022 ini dapat diketahui oleh sebanyak-banyaknya guru dan tenaga kependidikan di seluruh Indonesia.

Dilansir dari laman qitepinscience.org, Seameo Qitep in Science (SEAQIS) merilis pengumuman tentang Pendaftaran Regular Training Course EESD (Environmental Education for Sustainable Development) Tahun 2022.

Dalam rilis tersebut diinformasikan hal-hal sebagai berikut.

TENTANG KEGIATAN (TRAINING COURSE EESD)

RASIONAL 

Makhluk hidup yang paling berpengaruh di muka bumi ini adalah manusia. Oleh karena itu, mempelajari semua topik lingkungan dengan membahasnya sebagai konsep tidak akan cukup, tetapi bagaimana kita sebagai manusia harus bertindak untuk menghadapinya. Salah satu masalah yang paling memprihatinkan terkait dengan perubahan iklim, dunia sudah menghadapi peristiwa cuaca ekstrem yang parah sebagai dampak yang semakin meningkat dari perubahan iklim yang mengancam peradaban manusia dan upaya pembangunan berkelanjutan. Terhadap isu-isu yang diuraikan, sebagian tindakan, pendekatan tidak terstruktur dan kebijakan rutin harus diakhiri. Perlu upaya yang cukup besar dan berkelanjutan dari otoritas pemerintah, akademisi, LSM dan pihak lain untuk memastikan bahwa generasi muda memiliki sarana untuk memahami dan mengambil tindakan, untuk melindungi mereka dari prasangka, ideologi atau pemikiran irasional, dan mempersiapkan mereka untuk hidup dalam dunia yang berubah. Dalam perspektif ini, pendidikan merupakan komponen penting dan katalisator untuk merespon isu lingkungan global dan fenomena perubahan iklim, dengan mengintegrasikannya dalam pendidikan sains untuk meningkatkan kesadaran dan mempromosikan pengembangan pengetahuan dan keterampilan.

Perubahan iklim mempengaruhi setiap negara di setiap benua dan merupakan masalah terbesar yang dihadapi planet ini. Ini mengganggu ekonomi nasional dan mempengaruhi kehidupan. Pola cuaca berubah, permukaan laut naik, dan peristiwa cuaca menjadi lebih ekstrem. Salah satu sektor penting yang dapat berkontribusi untuk mengurangi dampak lebih lanjut dari perubahan iklim adalah melalui pendidikan. Pendidikan perubahan iklim mempromosikan pembelajaran tentang penyebab dan dampak perubahan iklim serta kemungkinan tanggapan, memberikan perspektif lintas kurikuler dan multidisiplin. Ini mengembangkan kompetensi di bidang mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, dengan tujuan untuk mempromosikan pembangunan yang tahan iklim dan mengurangi kerentanan masyarakat dalam menghadapi masa depan yang tidak pasti.

Sistem pendidikan setidaknya dapat melakukan upaya untuk mempromosikan pembangunan berkelanjutan dalam apa yang mereka ajarkan dan dalam upaya membuat lembaga mereka sendiri “hijau” dan ramah lingkungan. Bahkan kurang dibahas sistem pendidikan harus melakukan sesuatu untuk mempertahankan diri dan menjadi tangguh dalam menghadapi, dan untuk mencegah, mempersiapkan, mengurangi dampak, menanggapi, dan pulih dari keadaan darurat tersebut. Niat baik untuk pengembangan profesional guru telah gagal dalam praktek. Meskipun diambil oleh peminat, pendidikan guru untuk pembangunan berkelanjutan dan pendidikan iklim jarang diarusutamakan, dan, di mana ada kursus, sering didekati dalam kerangka disiplin (Wals, A., 2009, di UNESCO, 2013). Pendidikan perubahan iklim, yang berlangsung di sekolah dasar dan menengah, membutuhkan pendekatan multidisiplin yang melibatkan disiplin ilmu tradisional serta humaniora dan ilmu sosial, dan harus berorientasi pada tindakan. Guru, yang perannya mutlak penting untuk keberhasilan proyek pendidikan semacam itu, perlu, di seluruh dunia, untuk disertai dengan dukungan sumber daya yang berkualitas serta pengembangan profesional.

SEAMEO QITEP in Science (SEAQIS) sebagai Pusat regional di Asia Tenggara yang berfokus pada pengembangan kualitas guru sains, telah membawa isu lingkungan dan perubahan iklim melalui kursus pelatihannya serta Pendidikan Lingkungan untuk Pembangunan Berkelanjutan (EESD) sejak didirikan pada tahun 2009 ESD menyediakan payung bagi banyak bentuk pendidikan, dan pendidikan iklim menumbuhkan pemahaman tentang kompleksitas dan keterkaitan berbagai tantangan yang ditimbulkan oleh perubahan iklim. Pelatihan ini dirancang untuk membekali peserta dengan pengetahuan tentang ilmu iklim dan keterampilan dalam pendidikan sains berbasis inkuiri. Kegiatan ini diharapkan dapat mendukung SEA-CEP sebagai jaringan Asia seputar pendidikan perubahan iklim. Lebih lanjut, program ini dapat dilihat sebagai wujud amanah yang diberikan kepada SEAQIS yang tertuang dalam Tujuh Prioritas Agenda Pendidikan SEAMEO 2015-2035. Program pelatihan ini diharapkan dapat menjadi bagian penting dalam peningkatan kualitas pembelajaran IPA di sekolah dengan memperhatikan lingkungan, pelestarian ekosistem, dan dukungannya terhadap pembangunan berkelanjutan.

SASARAN

Tujuan dari kursus ini adalah:
  1. berbagi praktik terbaik dalam kegiatan pendidikan lingkungan yang terkait dengan pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai serta dukungannya terhadap pembangunan berkelanjutan;
  2. mendeskripsikan ilmu pengetahuan, masalah, dan solusi masalah ekosistem dalam kaitannya dengan dukungannya terhadap pembangunan berkelanjutan;
  3. memahami isu-isu lain yang terkait dengan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan seperti perubahan iklim, Pengurangan Risiko Bencana (PRB) dan Kewarganegaraan Global;
  4. untuk mengintegrasikan isu-isu pembangunan berkelanjutan ke dalam pembelajaran sains dan penilaiannya.
TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah menyelesaikan kursus ini, peserta harus dapat:
  1. Berbagi praktik terbaik dalam kegiatan pendidikan lingkungan yang terkait dengan pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai serta dukungannya terhadap pembangunan berkelanjutan;
  2. Memahami isu-isu lain yang terkait dengan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan seperti perspektif sejarah dan state of the art pembangunan berkelanjutan, efek rumah kaca dan ilmu di balik perubahan iklim, perubahan iklim dan keanekaragaman hayati dan bagaimana menerapkan pendidikan perubahan iklim;
  3. Memperkenalkan peserta pada isu-isu global dan lokal tentang perubahan iklim menggunakan Pendidikan Sains Berbasis Inkuiri (IBSE) sebagai pendekatan untuk mengajarkan perubahan iklim;
  4. Memberikan para peserta kerangka kerja yang kuat untuk menghasilkan program pendidikan yang relevan secara lokal tentang isu-isu perubahan iklim;
  5. Mengintegrasikan isu-isu pembangunan berkelanjutan ke dalam pembelajaran sains dan penilaian mereka.
PELATIH

Fasilitator: pakar dari MEXT, Jepang dan dari beberapa universitas ternama di Indonesia: Universitas Padjajaran (UNPAD), Institut Pertanian Bogor (IPB), SEAMEO Biotrop, Universitas Negeri Malang (UM), dan tim akademik dari SEAQIS.

KETENTUAN UMUM
  1. Tidak lebih dari 52 tahun
  2. Memiliki pemahaman yang baik dan komunikasi yang baik dalam bahasa Inggris (harap unggah skor tes Anda dari: https://www.efset.org/quick-check/, screenshot skor Anda dan unggah)
  3. Belum pernah mengikuti kursus pelatihan reguler yang diadakan oleh SEAMEO QITEP in Science dalam dua tahun terakhir (data alumni akan diverifikasi).
PELAKSANAAN

Training course EESD ini akan diselenggarakan pada tanggal 21 s.d. 28 Maret 2022 secara online.

PENDAFTARAN

Pendaftaran dibuka dari tanggal 7 s.d. 28 Februari 2022. Untuk mendaftar silakan klik REGISTER atau klik langsung SIGN UP.

INFORMASI LEBIH LANJUT

Telepon: +62 22 4218739
Email: partnership@qitepinscience.org | secretariat@qitepinscience.org
WhatsApp: +62 813 94936393 Mr. Girindra Adyapradana



Demikianlah informasi tentang Pendaftaran Regular Training Course EESD (Environmental Education for Sustainable Development) Seameo Qitep in Science Tahun 2022. 

Semoga bermanfaat.

Sumber: https://www.qitepinscience.org/environmental-education-for-sustainable-development/

Post a Comment for "Dibuka! Pendaftaran Training Course EESD Seameo Qitep in Science Tahun 2022"