Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbandingan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka Pendidikan Kesetaraan

Perbandingan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka Pendidikan Kesetaraan

Dok. InfoDidaktik.Com


InfoDidaktik.Com - Halo, Sahabat Didaktik! Selamat datang kembali di blog sederhana InfoDidaktik.Com, media informasi pendidikan terbaru.

Kali ini, InfoDidaktik.Com akan berbagi informasi tentang Perbandingan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka Pendidikan Kesetaraan.

Sebelumnya, perlu disampaikan bahwa tujuan blog InfoDidaktik.Com membagikan informasi ini adalah agar informasi tentang Perbandingan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka Pendidikan Kesetaraan ini dapat tersebar lebih luas dan diketahui oleh sebanyak-banyaknya guru dan insan pendidikan lainnya di seluruh Indonesia.

Dilansir dari situs kurikulum.kemdikbud.go.id, berikut ini Perbandingan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka Pendidikan Kesetaraan. 

A. Kerangka Dasar
Kurikulum 2013: Rancangan landasan utama Kurikulum 2013 adalah tujuan Sistem Pendidikan Nasional dan Standar Nasional Pendidikan.

Kurikulum Merdeka:

Rancangan landasan utama Kurikulum Merdeka adalah tujuan Sistem Pendidikan Nasional dan Standar Nasional Pendidikan.

Mengembangkan  profil pelajar Pancasila pada peserta didik

B. Kompetensi yang Dituju

Kurikulum 2013:

Terdiri dari dua kelompok mata pelajaran:

Kelompok Umum kompetensi yang dituju sama dengan KI dan KD Mata pelajaran untuk Jalur Pendidikan Formal, Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kelompok Muatan Khusus berupa Pemberdayaan dan Keterampilan. KI-KD disusun oleh Satuan Pendidikan Non-Formal Pendidikan Kesetaraan dengan pendampingan.

Kurikulum Merdeka:

Terdiri dari dua kelompok mata pelajaran:
  1. Kelompok Umum kompetensi yang dituju sama dengan Capaian Pembelajaran untuk Jalur Pendidikan Formal Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. 
  2. Kelompok Mata Pelajaran Pemberdayaan dan Keterampilan.
C. Struktur Kurikulum
Kurikulum 2013:

Struktur kurikulum pendidikan kesetaraan terdiri mata pelajaran kelompok umum dan kelompok pemberdayaan dan keterampilan

Muatan Belajar dinyatakan dalam satuan kredit kompetensi (SKK) yang menunjukkan bobot kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik dalam mengikuti program pembelajaran, baik melalui pembelajaran tatap muka, tutorial, dan atau belajar mandiri.

Kurikulum Merdeka:

Struktur kurikulum pendidikan kesetaraan terdiri mata pelajaran kelompok umum dan kelompok pemberdayaan dan keterampilan berbasis profil pelajar Pancasila

Usulan: Muatan Belajar dinyatakan dalam satuan kredit kompetensi (SKK) yang menunjukkan bobot kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik dalam mengikuti program pembelajaran, baik melalui pembelajaran tatap muka, tutorial, dan atau belajar mandiri. 
D. Pembelajaran
Kurikulum 2013:

BELAJAR BERBASIS MODUL mandiri penuh, atau  blended learning (mandiri dan tatap muka)  

Kurikulum Merdeka:

BELAJAR BERBASIS MODUL mandiri penuh, atau blended learning (mandiri dan tatap muka/tutorial daring).
E. Penilaian
Kurikulum 2013:

-

Kurikulum Merdeka:

-
F. Perangkat Ajar yang Disediakan Pemerintah
Kurikulum 2013:

Dalam bentuk modul yang disusun oleh Satuan Pendidikan Penyelenggara Program Pendidikan Kesetaraan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Direktorat Pendidikan Kesetaraan)

Kurikulum Merdeka:
Dalam bentuk modul yang disusun oleh Satuan Pendidikan Penyelenggara Program Pendidikan Kesetaraan

Kemendikbudristek menyediakan beragam contoh modul ajar, contoh alur tujuan pembelajaran, dan contoh kurikulum operasional satuan pendidikan yang dapat digunakan di satuan pendidikan atau sebagai inspirasi

F. Perangkat Kurikulum
Kurikulum 2013:

-

Kurikulum Merdeka:

-
Demikianlah informasi tentang Perbandingan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka Pendidikan Kesetaraan.

Semoga bermanfaat.

Sumber: https://kurikulum.kemdikbud.go.id/perbandingan/?jenjang=4&kurikulum1=1&kurikulum2=4

Post a Comment for "Perbandingan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka Pendidikan Kesetaraan"