Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Telah Dibuka Pendaftaran Beasiswa Aminef Fulbright Indonesia Untuk Guru Sekolah Dasar dan Menengah


Sumber: aminef.or.id

Info Didaktik: Fulbright Indonesia telah membuka pendaftaran beasiswa untuk guru sekolah dasar dan menengah. 

Fulbright DAI menawarkan kesempatan bagi para guru sekolah dasar dan menengah untuk datang ke Amerika Serikat untuk mengikuti program pengembangan profesional selama satu semester untuk melaksanakan proyek individu atau kelompok, mengambil kursus untuk pengembangan profesional di universitas tuan rumah, dan mengamati serta saling berbagi keahlian dengan dosen dan mahasiswa di universitas tuan rumah atau guru dan siswa di sekolah dasar dan menengah setempat.

Program ini akan memberikan kesempatan kepada sekitar 47 pendidik untuk mengembangkan keahlian dalam bidang studi yang mereka ampu, meningkatkan keterampilan mengajar, meningkatkan pengetahuan tentang AS, dan menyelesaikan proyek individu atau kelompok. Program ini akan dimulai pada bulan Januari 2021 dan berakhir pada bulan Mei 2021. Fulbright DAI adalah program pengembangan profesional non-gelar di universitas Amerika Serikat. Peserta akan mengikuti kursus di sekolah atau departemen pendidikan universitas tuan rumah, dan dengan demikian akan menjadi bagian dari komunitas universitas. Program ini akan memberikan kesempatan untuk mengamati dan mengajar bersama dengan guru-guru AS di sekolah AS di dekat universitas tuan rumah, untuk secara aktif melibatkan para peserta di lingkungan kelas AS. Pengayaan tentang budaya, pendampingan, dan dukungan akan diberikan selama program ini.

Komponen Program

Para guru yang terpilih mengikuti program DAI Fulbright akan:

1) Berpartisipasi dalam kelas sarjana atau pascasarjana tingkat lanjut di universitas tuan rumah AS.
2) Mengamati kelas, mengajar bersama, dan berbagi keahlian mereka dengan kolega AS di sekolah dasar atau menengah AS.
3) Merancang dan menyelesaikan proyek penyelidikan individu atau kelompok yang memiliki relevansi langsung dengan praktik pendidikan mereka.
4) Berpartisipasi dalam komunitas pembelajaran profesional online dengan peserta lain untuk berbagi praktik pendidikan dengan jaringan kolega global; dan
5) Terlibat dalam kegiatan pendidikan dan budaya lainnya saat mengikuti program di Amerika Serikat.

Fulbright DAI adalah program yang didanai oleh Biro Urusan Pendidikan dan Kebudayaan (ECA) dari Departemen Luar Negeri AS. Program Fulbright didirikan pada tahun 1946 di bawah undang-undang yang diperkenalkan oleh mantan Senator Amerika Serikat J. William Fulbright dari Arkansas. Hibah Fulbright diberikan kepada siswa, cendekiawan, guru, dan profesional lainnya dari Amerika Serikat dan warga negara asing untuk belajar, mengajar, atau melakukan penelitian. Sejak didirikan pada tahun 1946, lebih dari 370.000 "Fulbrighters" telah berpartisipasi dalam program Fulbright.
Program 2020-2021 merupakan tahun kesebelas Program DAI Fulbright. Program ini diperuntukkan bagi pelamar atau peserta internasional yang berasal dari Bangladesh, Botswana, Brasil, Finlandia, Yunani, India, Indonesia, Israel, Meksiko, Maroko, Selandia Baru, Filipina, Senegal, Singapura, Taiwan, Uganda, dan Inggris.
Para pendidik yang dinominasikan untuk berpartisipasi dalam Program DAI Fulbright berdasarkan pengalaman profesional mereka, pelatihan akademik, proyek penyelidikan, dan potensi kepemimpinan. Seleksi tahap akhir program ini dilakukan oleh J. William Fulbright Foreign Scholarship Board (FFSB). FFSB adalah dewan independen yang ditunjuk oleh presiden yang memiliki tanggung jawab pengawasan untuk semua program pertukaran akademik Fulbright.

Setelah kembali ke negara asalnya, para pendidik yang berhasil menyelesaikan program ini berhak untuk bersaing mendapatkan hibah kecil untuk bahan pengajaran esensial, menawarkan pelatihan lanjutan untuk pendidik lain, untuk berkolaborasi dengan sekolah-sekolah AS yang berpartisipasi, dan kegiatan lain yang dibangun berdasarkan pengalaman selama program pertukaran .
  
Manfaat Hibah
Program Beasiswa ini menyediakan:
  • Dukungan Visa J-1
  • Orientasi pra-keberangkatan yang diadakan di negara asal peserta;
  • Tiket pesawat pulang pergi ke dan di AS;
  • Program Selamat Datang di Washington, DC;
  • Biaya program akademik;
  • Perumahan (umumnya dibagi dengan rekan program lainnya) dan makanan;
  • Perlindungan medis kecelakaan dan sakit (tidak mencakup kondisi yang sudah ada sebelumnya);
  • Transportasi ke sekolah-sekolah lokal (jika perlu);
  • Tunjangan harian untuk biaya tak terduga selama program akademik universitas
  • Tunjangan bagasi;
  • Tunjangan teknologi; dan
  • Kesempatan untuk mengajukan hibah kecil untuk alumni yang bereputasi baik.
Kelayakan

Pelamar harus:
  • Guru tetap tingkat sekolah dasar dan menengah (SD / SMP / SMA atau setara) di sekolah yang melayani siswa lokal (bukan siswa asing)
  • Memiliki lima tahun atau lebih pengalaman mengajar dalam disiplin ilmu apa pun
  • Warga Negara Indonesia
  • Memiliki gelar sarjana (S1) atau setara
  • Mahir berbahasa Inggris lisan dan tulisan dengan skor TOEFL ITP minimal 500 atau TOEFL iBT 60/61, atau setara dengan IELTS
  • Memiliki komitmen untuk terus mengajar setelah menyelesaikan program
  • Spesialis media perpustakaan tingkat dasar dan menengah, guru BK, spesialis kurikulum, koordinator pendidikan khusus, dan pendidik lainnya termasuk administrator yang bekerja dengan siswa setidaknya lima puluh persen dari jam kerja mereka boleh mengikuti program ini. 


Cara Mendaftar

Ada dua pilihan cara mendaftar: mengirimkan hard copy berkas pendaftaran ke AMINEF di Jakarta; atau mendaftar secara online. Rincian kedua opsi tersebut adalah sebagai berikut:

Pilihan 1: Kirim salinan berkas pendaftaran ke alamat kantor AMINEF

1. Pertama, Anda harus mengunduh formulir aplikasi DISINI dan lengkapi secara lengkap
2. Kemudian kirimkan formulir yang sudah diisi dan berkas-berkas berikut dalam bentuk cetak kepada AMINEF:


Kirim ke:

American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF)
Menara Intiland, Lantai 11
Jalan Jenderal Sudirman Kav. 32
Jakarta 10220
Telp: (021) 579 39 085 ~ 9086

Pilihan 2: Pendaftaran secara online

Anda harus melengkapi aplikasi online DISINI. Tautan aplikasi juga tersedia di halaman web program: irex.org/fulbright-dai. Sebelum Anda melengkapi dan mengirimkan formulir aplikasi online, Anda harus mengunduh dan membaca dengan seksama pedoman aplikasi DISINI.

Harap perhatikan bahwa dokumen-dokumen berikut harus diunggah secara daring dalam format PDF:
  • Formulir Dukungan dan Referensi Kelembagaan (Bagian XII)
  • Kebijakan Privasi dan Pernyataan Sertifikasi Aplikasi (Bagian XIII)
  • KTP atau paspor (Bagian XIV)
  • Transkrip dan diploma (Bagian XIV)
  • Skor TOEFL atau IELTS (Bagian XIV)
  • Riwayat Hidup (Bagian XIV)


Batas Waktu

Batas waktu pendaftaran dan melengkapi dokumen yang diperlukan adalah 1 Maret 2020.

* Batas waktu yang pasti setiap tahun dapat berubah dan jika batas waktu pendaftaran jatuh pada akhir pekan atau hari libur nasional, secara otomatis diperpanjang hingga hari kerja berikutnya. Hanya pelamar terpilih akan diberitahu dan diwawancarai.

Informasi Kontak

Pertanyaan spesifik mengenai proses pendaftaran dapat disampaikan melalui email ke infofulbright_ind@aminef.or.id.

Informasi selengkapnya dalam bahasa Inggris bisa dibaca DISINI.

Demikian informasi Fulbright Distinguished Awards dalam Program Pengajaran untuk Guru Internasional (Fulbright DAI).

Semoga bermanfaat.

Salam Didaktik!


2 comments for "Telah Dibuka Pendaftaran Beasiswa Aminef Fulbright Indonesia Untuk Guru Sekolah Dasar dan Menengah"

  1. Generating traffic is the life-blood of any online business. It determines whether you win or lose. It determines whether you will succeed or be a failure. buy automatic Instagram story views monthly

    ReplyDelete
  2. I love to read your post it is interesting and informative too. I am not that much into the reading but today your post forces me to read it all. I belong to Packaging Printing UK so if you need any good quality Bespoke Boxes as per your desire in cheap prices with the fastest shipping so you can visit our sitemini popcorn boxes | mini popcorn boxes

    ReplyDelete