Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Dia! Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran | Kurikulum Merdeka

Ini Dia! Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran | Kurikulum Merdeka

Dok. Infodidaktik.Com


InfoDidaktik.Com - Halo, Sahabat Didaktik! Selamat datang kembali di blog sederhana InfoDidaktik.Com, media informasi pendidikan terbaru.

Kali ini, InfoDidaktik.Com akan berbagi informasi tentang Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. 

Sebelumnya, perlu disampaikan bahwa tujuan blog InfoDidaktik.Com membagikan informasi ini adalah agar informasi tentang Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran ini dapat tersebar lebih luas dan diketahui oleh sebanyak-banyaknya guru, kepala sekolah, dan insan pendidikan lainnya di seluruh Indonesia.

Dilansir dari situs kurikulum.kemdikbud.go.id, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, merilis buku Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. Buku ini disusun oleh:
  • Yogi Anggraena (Pusat Kurikulum dan Pembelajaran)
  • Nisa Felicia (Pusat Studi Pendidikan dan Kebijakan)
  • Dion Eprijum Ginanto (UIN Sulthan Thaha Saifuddin, Jambi) Indah Pratiwi (Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan) Bakti Utama (Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan)
  • Leli Alhapip (Badan Riset dan Inovasi Nasional)
  • Dewi Widiaswati (Pusat Studi Pendidikan dan Kebijakan)
Di dalam kata pengantarnya disebutkan bahwa kajian ini dilakukan dalam rangka  mendukung perumusan kebijakan kurikulum yang akan diumumkan oleh Mendikbudristek, bapak Nadiem Anwar Makarim. Dalam kebijakan tersebut, mulai tahun  ajaran  2022/2023 satuan pendidikan dapat memilih untuk menerapkan kurikulum baru yang bernama Kurikulum Merdeka.

Lebih lanjut disebutkan bahwa Kurikulum Merdeka dirancang sebagai bagian dari upaya  Kemendikbudristek untuk mengatasi krisis belajar  yang telah lama kita hadapi, dan menjadi semakin  parah  karena pandemi. Krisis ini ditandai oleh rendahnya hasil belajar peserta didik, bahkan dalam hal yang mendasar seperti literasi membaca. Krisis belajar  juga ditandai oleh ketimpangan kualitas belajar  yang lebar antar wilayah dan antar kelompok sosial-ekonomi.

Kemudian disebutkan bahwa kajian akademik ini menjelaskan latar belakang, landasan empiris, dan kerangka konseptual yang digunakan dalam merumuskan kebijakan kurikulum dan merancang Kurikulum Merdeka. Kajian ini juga mencakup strategi implementasi kurikulum baru, sebuah isu yang sangat mempengaruhi keberhasilan dari setiap kebijakan pendidikan.

Lalu disebutkan bahwa selama  dua tahun  ke depan, Kurikulum Merdeka akan terus  disempurnakan berdasarkan evaluasi dan umpan balik dari berbagai pihak. Sejalan  dengan proses evaluasi  tersebut, naskah ini juga akan mengalami revisi dan pembaruan secara berkala.

Berikut ini isi dari Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran.

Pendahuluan

A. Latar Belakang

Peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan menjadi tantangan utama  dalam pembangunan pendidikan di Indonesia. Untuk mengatasi tantangan ini, sejak 2009 Pemerintah telah memenuhi kewajiban  anggaran pendidikan sebesar 20% APBN serta  terus  meningkatkan anggaran pendidikan dari Rp 332,4 T pada 2013, menjadi Rp 550  T pada 2021 (kemenkeu. go.id, 2021).  Peningkatan anggaran tersebut telah berkontribusi positif pada perbaikan tingkat pendidikan dan kesejahteraan guru, penurunan ukuran kelas (rasio guru-siswa), serta  perbaikan sarana dan prasarana di satuan pendidikan (Beatty et.al, 2021; Muttaqin, 2018).

Namun demikian, berbagai indikator hasil belajar  siswa belum menampakkan hasil yang menggembirakan. Sebagaimana akan diulas lebih detail pada BAB  II naskah ini, berbagai pengukuran hasil belajar  siswa menunjukkan masih relatif rendahnya kualitas hasil belajar di Indonesia. Pun demikian, tidak terjadi peningkatan kualitas pembelajaran yang signifikan dalam beberapa tahun  terakhir. Pada konteks inilah pendidikan di Indonesia tengah mengalami krisis pembelajaran, yang apabila tidak segera ditangani  akan menguatkan apa yang disampaikan Pritchett (2012) sebagai schooling ain’t learning: bersekolah namun tidak belajar.

Krisis pembelajaran yang telah terjadi sekian lama tersebut, diperburuk dengan Pandemi Covid-19 yang seketika membawa perubahan pada wajah pendidikan di Indonesia. Perubahan yang paling nyata tampak  pada proses pembelajaran yang awalnya bertumpu pada metode tatap  muka beralih menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ). Intensitas belajar mengajar juga mengalami penurunan yang signifikan, baik jumlah hari belajar  dalam seminggu maupun rata-rata  jumlah jam belajar dalam sehari. Selama  PJJ, umumnya  siswa belajar  2-4 hari dalam seminggu terutama siswa pada tingkat SMP, SMA, dan SMK (Puslitjak, 2020).  Di DKI Jakarta, rata-rata  waktu yang digunakan untuk pembelajaran jarak jauh hanya 3.5 jam/ hari, sementara di luar Jawa lebih pendek lagi yaitu hanya 2,2 jam/ hari (UNICEF, 2020).  Keterbatasan akses internet, perangkat digital serta  kapasitas baik guru, orang  tua,maupun siswa dipandang menjadi tantangan terbesar dalam menyelenggarakan PJJ (Afriansyah, 2020; UNICEF, 2020).

Di tengah keterbatasan yang ada, berbagai strategi dilakukan sekolah untuk menyelenggarakan PJJ. Pratiwi dan Utama (2020) mengidentifikasi setidaknya enam strategi yang dilakukan sekolah. Pertama, di wilayah dengan akses internet dan perangkat digital memadai, serta  didukung oleh guru dan siswa yang melek digital pembelajaran dapat berjalan  relatif baik dengan kelas di ruang maya (interactive virtual classroom) dan mengoptimalkan aplikasi belajar  daring. Kedua, di sekolah-sekolah dengan akses internet dan perangkat digital yang memadai namun tidak didukung dengan keterampilan digital guru/siswa, PJJ dilakukan secara terbatas dimana  penugasan dan pembimbingan oleh guru umumnya  dilakukan melalui aplikasi media  sosial WhatsApp. Ketiga, beberapa sekolah dengan akses internet terbatas melaksanakan proses belajar  dalam kelompok- kelompok kecil rumah guru atau siswa. Keempat, beberapa sekolah yang juga tanpa jaringan internet memanfaatkan radio lokal/ radio amatir untuk menyebarkan penugasan. Kelima, terdapat sekolah yang menggunakan pesan berantai (“mouth to mouth” massage) untuk menyampaikan tugas  ke siswa. Terakhir, beberapa sekolah bahkan terpaksa harus meliburkan siswanya.

Studi-studi lebih lanjut memberi perhatian pada dampak-dampak yang terjadi dalam perubahan radikal dalam proses pembelajaran selama pandemi. Temuan  studi-studi  tersebut antara lain menunjukkan terjadinya  ketertinggalan pembelajaran (learning loss) yaitu ketika siswa kehilangan kompetensi yang telah dipelajari sebelumnya, tidak mampu menuntaskan pembelajaran di jenjang  kelas maupun mengalami efek majemuk  karena tidak menguasai pembelajaran pada setiap jenjang. Studi Indrawati, Prihadi dan Siantoro  (2020) di sembilan provinsi di Indonesia menunjukkan bahwa  pada awal PJJ,  hanya 68% anak yang mendapatkan akses pembelajaran dari rumah. Kondisi ini diperburuk dengan siswa yang melaksanakan PJJ pun tidak mendapatkan kualitas pembelajaran yang sama  sebagaimana sebelum pandemi. Banyak siswa hanya menerima instruksi, umpan  balik, dan interaksi yang terbatas dari guru mereka (Indrawati, Pihadi, dan Siantoro,  2020).  Kondisi ini berkontribusi pada menurunnya kemampuan siswa, ketidaktercapaian pembelajaran, ketimpangan pengetahuan yang semakin lebar, perkembangan emosi dan kesehatan psikologis  yang terganggu, kerentanan putus sekolah, serta  potensi penurunan pendapatan siswa di kemudian hari (The SMERU Research Institute-The  RISE Programme in Indonesia, 2020).  Temuan  serupa juga dihasilkan  dari kajian Puslitjak dan INOVASI yang menunjukkan bahwa  pada kelas awal, hilangnya  kemampuan belajar  siswa dalam hal literasi dan numerasi sebelum dan selama pandemi setara dengan 5-6 bulan setelah 12 bulan belajar  dari rumah (Puslitjak dan INOVASI, 2020).  Studi yang sama juga menunjukkan bahwa  ketika siswa tidak menguasai hal-hal yang seharusnya dipelajari pada satu tahun  akan memiliki efek majemuk pada apa yang bisa dipelajari siswa pada jenjang berikutnya (Puslitjak dan INOVASI, 2020).

Dampak lain adalah menguatnya kesenjangan pembelajaran (learning gap) selama pembelajaran jarak jauh. Di Indonesia, kesenjangan pendidikan terjadi jauh sebelum pandemi (Muttaqin, 2018) dan semakin menguat ketika pandemi. Indikasi penguatan kesenjangan pembelajaran sebenarnya telah tampak  dari pola keberagaman proses pembelajaran selama pandemi. Survei Kemendikbud (2020) memperlihatkan adanya kesenjangan dalam penggunaan platform pembelajaran antara  sekolah di daerah 3T dan kawasan non-3T. Hasil serupa juga ditunjukkan  dari studi The SMERU Research Institute-The  RISE Programme in Indonesia (2020) yang memperlihatkan adanya kesenjangan penggunaan aplikasi digital dalam pembelajaran antara  daerah perkotaan dan pedesaan terutama di luar Pulau Jawa.

Pola keberagaman dalam proses pembelajaran ini selanjutnya memberi pengaruh pada semakin melebarnya kesenjangan hasil pembelajaran siswa selama pandemi. Terkait hal ini, temuan The SMERU Research Institute (2020) menunjukkan dua hal. Pertama,
analisis ketimpangan belajar  di dalam kelas menunjukkan bahwa  siswa yang memiliki akses terhadap perangkat digital, memiliki guru adaptif, pada kondisi sosial ekonomi lebih tinggi, serta  mempunyai orang  tua yang aktif berkomunikasi dengan guru cenderung memiliki kemampuan di atas  rata-rata.  Kedua, ketimpangan hasil belajar  antar siswa dalam satu kelas pun diprediksi akan semakin  lebar. Apabila tidak ada intervensi yang mendorong guru untuk menyusun pembelajaran yang memperhatikan keragaman kemampuan belajar  siswa, maka siswa dengan kemampuan rendah akan semakin  tertinggal dari siswa lainnya. Studi INOVASI dan Puslitjak (2020) menunjukkan risiko yang lebih besar
dari semakin  melebarnya kesenjangan pembelajaran ini. Menurut studi tersebut, “pembelajaran selama COVID-19 memiliki dampak yang lebih besar pada beberapa kelompok siswa, di mana siswa yang berasal dari keluarga dengan latar belakang sosial ekonomi  lebih rendah lebih berisiko tidak terdaftar lagi atau tidak lagi berpartisipasi dalam proses pembelajaran.

Antisipasi dampak pandemi terhadap ketertinggalan pembelajaran (learning loss) dan kesenjangan pembelajaran (learning gap) sebenarnya telah dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud/ saat  ini Kemendikbudristek). Pada  Agustus 2020, Kemendikbud menerbitkan kurikulum darurat  pada satuan pendidikan dalam kondisi khusus.  Kurikulum darurat  (dalam kondisi khusus) ini pada pada intinya merupakan penyederhanaan dari kurikulum nasional.  Pada kurikulum darurat  dilakukan pengurangan kompetensi dasar  untuk setiap mata pelajaran sehingga guru dan siswa dapat berfokus pada kompetensi esensial dan kompetensi prasyarat untuk kelanjutan pembelajaran
di tingkat selanjutnya. Guru juga didorong untuk melakukan asesmen diagnostik secara berkala  untuk mendiagnosis kondisi kognitif (kemampuan dan capaian pembelajaran siswa) dan kondisi non-kognitif (aspek  psikologis  dan kondisi emosional siswa) sebagai dampak dari PJJ. Dengan asesmen diagnostik ini diharapkan guru dapat memberikan pembelajaran yang tepat  sesuai kondisi dan kebutuhan siswa mereka.

Setelah berjalan  hampir satu tahun  ajaran, Kemendikbud telah melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan kurikulum darurat. Hasil evaluasi  tersebut secara umum menunjukkan bahwa  siswa pengguna kurikulum darurat mendapatkan hasil asesmen yang lebih baik daripada pengguna Kurikulum 2013 secara penuh, terlepas dari latar belakang sosial ekonominya. Penggunaan kurikulum darurat secara signifikan juga mampu mengurangi indikasi learning-loss selama pandemi baik untuk capaian literasi maupun numerasi (lihat gambar 1).

Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran selengkapnya dapat dibaca di bawah ini.


Buku Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran dapat diunduh (download) DI SINI.


Demikianlah informasi tentang Keputusan Kepala BSKAP Kemendikbudristek Nomor 009/H/KR/2022 tentang Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka.

Semoga bermanfaat.

Sumber: https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/unduhan/CP_2022.pdf

Post a Comment for "Ini Dia! Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran | Kurikulum Merdeka"